lgX1jFDYXDtBWBG8reyPDjjsvxg

Amorphophallus dipekaranganku

Bunga bangkai atau suweg raksasa adalah nama lokal untuk fase vegetatifnya, Amorphophallus titanum Becc., merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera, Indonesia, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia, Di alam tumbuhan ini hidup di daerah hutan hujan basah. Bunga bangkai adalah bunga resmi bagi Provinsi Bengkulu. meski begitu bunga ini juga terdapat di pulau Jawa, mungkin juga tersebar diseluruh indonesia tapi spesiesnya berbeda (bunga lebih kecil) seperti di pekaranganku ini.
Kalau anda tau, bunga ini telah tersebar keseluruh dunia dan menjadi koleksi di kebun-kebun botani disana, setiap bunga ini mengalami vase generatifnya (vase bunga), kebun-kebun botani di Sttutgart , kebun raya di kota Bonn Jerman serta kebun raya -  kebun raya lain diseluruh dunia selalu kebanjiran pengunjung, rata-rata mereka ingin melihat bunga ajaib ini dan mencium aroma bau busuknya. karena bunga ini tidak dapat hidup disembarang tempat (hanya bisa tumbuh didaerah tropis dan hutan hujan seperti negara kita), untuk itu di daerah sub tropis seperti  Amerika dan  Eropa serta Australia tanaman ini harus ditanam dalam rumah kaca dengan penanganan khusus. ribet sekali yach.

Di jawa tanaman ini disebut suweg, umbinya merupakan salah satu penganan tradisional yang digemari masyarakat didesa-desa, padahal di jepang tepung tanaman ini disebut kojack adalah bahan pembuatan jelly.
Di Indonesia Kebanyakan bunga ini hanya tumbuh liar di pekarangan-pekarangan rumah, sering juga dianggap gulma yang mengganggu sehingga seringkali dibabat habis agar tidak tumbuh lagi. karena ketika berbunga, suweg ini mengeluarkan bau busuk seperti bangkai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar